Menggali Peluang Penghasilan dari Facebook: Empat Strategi Monetisasi di Era Digital

Menggali Peluang Penghasilan dari Facebook: Empat Strategi Monetisasi di Era Digital

Monetisasi Facebook makin mudah: bisnis, kreator, dan siapa pun bisa dapat penghasilan--

MEDIALAMPUNG.CO.ID – Seiring berkembangnya teknologi dan dominasi media sosial dalam kehidupan sehari-hari, Facebook telah bertransformasi dari sekadar platform pertemanan menjadi ladang ekonomi digital bagi individu, kreator, hingga pelaku bisnis global. 

Di bawah naungan perusahaan induk Meta, Facebook menghadirkan berbagai fitur dan layanan yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh pendapatan secara legal dan berkelanjutan.

Jutaan pengguna di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, kini mulai menyadari potensi monetisasi dari aktivitas mereka di platform ini. 

Bukan hanya melalui iklan semata, ada beragam strategi yang bisa dijalankan untuk mengubah eksistensi online menjadi sumber penghasilan. Berikut ini adalah empat cara utama yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang melalui Facebook.

BACA JUGA:Cara Baru Dapat Saldo DANA Gratis Rp275 Ribu, Cuma Sebar Link

1. Mengoptimalkan Meta Business Suite dan Ads Manager

Bagi pelaku usaha maupun pengiklan, fitur Meta Business Suite dan Ads Manager menjadi senjata utama untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan terarah. Dengan dukungan data demografis yang akurat serta perilaku pengguna yang direkam secara sistematis, Facebook memungkinkan pemilik bisnis untuk merancang kampanye pemasaran digital yang tepat sasaran.

Melalui fitur ini, pelaku usaha bisa menyesuaikan pesan dan konten iklan berdasarkan usia, lokasi, ketertarikan, hingga aktivitas pengguna di platform. Hal ini disebut sebagai personalisasi iklan, di mana algoritma Facebook secara otomatis menyuguhkan iklan yang paling relevan kepada tiap individu.

Facebook akan memperoleh penghasilan dari biaya iklan yang dibayarkan oleh pengiklan, yang nilainya tergantung pada jangkauan, durasi, dan jenis kampanye yang dipilih. Tak heran, strategi pemasaran digital ini kini menjadi tulang punggung banyak bisnis, mulai dari UMKM hingga korporasi berskala global.

BACA JUGA:Solusi Bayar Pajak Kendaraan Tanpa Antre Lewat M-Banking dan E-Samsat

2. Berjualan Lewat Marketplace dan Facebook Shops

Fitur Facebook Marketplace kini semakin populer sebagai alternatif platform jual beli online. Pengguna dapat menawarkan barang dan jasa mereka secara langsung ke konsumen tanpa perantara. Fitur ini sangat mudah digunakan dan gratis untuk sebagian besar transaksi.

Selain Marketplace, Meta juga mengembangkan Facebook Shops, yang memungkinkan pemilik usaha membangun toko digital yang terintegrasi langsung dengan halaman bisnis mereka. Fitur ini memungkinkan pelanggan menelusuri katalog produk, menghubungi penjual, bahkan menyelesaikan transaksi—semuanya tanpa harus meninggalkan aplikasi.

Meski tidak mengambil komisi dari setiap transaksi untuk saat ini, Meta diuntungkan dari meningkatnya interaksi pengguna yang pada akhirnya akan meningkatkan efektivitas iklan. Dengan kata lain, semakin besar aktivitas jual beli di platform, semakin besar peluang iklan masuk ke dalam siklus tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: